Gunung Bromo berstatus waspada, hotel sekitar malah ramai plus obral tarif

0 26

Probolinggo, Ulashorel.com:Probolinggo, Ulashorel.com: Kendati berstatus waspada, kunjungan wisata dan tingkat hunian hotel sekitar Gunung Bromo justru masih ramai.

Hal ini ditunjukkan dari data Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pantau Gunung Bromo, Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, saat ini aktifitas Gunung Bromo masih fluktuatif dan berada di level 2 atau berstatus waspada.

Hal ini dikarenakan kawah Bromo mengeluarkan asap tebal berwarna putih, coklat dan kelabu dengan ketinggian antara 50 hingga 600 meter dari puncak kawah ke arah timur laut dan utara.

Sedangkan merujuk pada Seismograph di pos pantau tersebut terus merekam adanya gempa tremor antara 0,5 milimeter hingga 5 milimeter dengan dominan di angka 1 milimeter. Sehingga pihak PVMBG menetapkan status Gunung Bromo berada di level 2 atau Waspada dan menyarankan agar warga dan wisatawan tidak berada dalam radius 1 KM, dari kawah Gunung Bromo.

Mengarahnya asap tebal dari kawah Bromo ke timur laut dan utara, membuat sejumlah kawasan sekitar terdampak hujan abu vulkanik termasuk desa-desa yang nampak berdiri beberapa hotel dan penginapan.

Digdoyo Jamaludin, Ketua PHRI Kabupaten Probolinggo menyampaikan, kondisi ini tidak mempengaruhi jumlah wisatawan atau tingkat hunian hotel di kawasan wisata Gunung Bromo.

“Kendati hujan abu terjadi sejak tiga hari terakhir, namun hal ini tak mempengaruhi jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara mengunjungi gunung yang memiliki pemandangan terindah di dunia,” tandasnya kepada Ulashotel.com, Sabtu (16/03/2019).

Bahkan, lanjutnya, untuk lebih menarik wisatawan, sejumlah hotel memberikan promo bayar satu malam untuk dua malam kepada tamunya yang menginap di hotel tersebut.

“Ada juga hotel yabg memberlakukan Buy 1 Night get 2 Night. Tujuannya agar tamu yang menginap di kawasan tersebut bisa lebih menikmati keindahan Gunung Bromo yabg justru nampak lebih eksotis jika gunung tersebut aktif”, pungkasnya.@IS

Leave A Reply

Your email address will not be published.