Ulang Tahun ke-6 PHMI Gandeng Disbudpar Jatim “Tantangan dan Peluang Dunia Wisata Jawa Timur di Tengah Pandemi” Dalam Diskusi Webinar

0 120

Surabaya,ulashotel.com : Pengurus Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia (PHMI) bakal menggelar webinar bertajuk ‘Tantangan dan Peluang Dunia Wisata Jawa Timur di Tengah Pandemi’, Selasa (2/2/2021).

Agenda webinar dengan pembicara utama Sinarto SKar MM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim ini sekaligus menandai ulang tahun ke-6 PHMI yang awalnya bernama Forum Komunikasi Hotel & Media Jawa Timur.

“Alhamdulillah kami ‘dapat hadiah’ dari Kemenkumham berupa legalitas dari organisasi kami,” kata Mulan, Ketua PHMI dari unsur hotel.

Menurut Mulan, legalitas yang diperoleh PHMI ini tak lepas dari dukungan Arsieh dan Endro Tjahjono, anggota Dewan Pakar PHMI. “Beliau yang memberi dukungan penuh sehingga kami memperoleh legalitas organisasi ini dari Kemenkumham,” tegasnya.

Menurut Mulan, diskusi yang berlangsung mulai pukul 14.00-16.00 tersebut akan diawali dengan prosesi ulang tahun, yaitu potong tumpeng dan peresmian logo PHMI yang dilakukan di Hotel Luminor Jemursari Surabaya.

Acara dilanjut paparan Arsih secara virtual terkait peningkatan SDM yang diperlukan anggota PHMI menghadapi tantangan industri kepariwisataan di masa mendatang.

Selanjutnya Sinarto juga hadir secara virtual lewat aplikasi zoom memapar seputar peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan industri kepariwisataan khususnya pelaku perhotelan.

Sebagai pembuka diskusi Sinarto mengatakan Ibarat kapal kita harus terus bergerak jika kita berhenti kita akan tenggelam di hantam ombak, di tengah kondisi pandemi yang serba tidak menentu ini para pelaku pariwisata harus bisa melihat peluang sekecil apapun untuk perkembangan bisnis di pariwisata dan nantinya bisa dikolaborasikan dengan dinas kebudayaan dan pariwisata Jatim.

Sebagai konsep dasar Jatim Bangkit Disbudpar Jatim lewat arahan pemerintah pusat semua pelaku pariwisata melakukan sertifikasi, seperti di hotel ada sertifikasi CHSE itu menjadi sarat mutlak yang harus di jalankan untuk memberi rasa aman dan nyaman pada masyarakat dan yang terpenting produk-produk pariwisata harus diperhatikan dengan baik karena itu sebagai daya tariknya. Kata Sinarto

Dalam webinar yang dipandu Iman DH dari Suara Surabaya Media ini juga tampil sejumlah pelaku industri kepariwisataan, diantaranya Odex Damanik, HM Pop Hotel Stasiun Kota yang mengulas pengalaman eksistensi selama menghadapi pandemi sepanjang tahun 2020.

“Kami tentu berharap di tengah tekanan pandemi ini ada celah yang bisa kami manfaatkan untuk tetap mewarnai industri kepariwisataan khususnya di Jatim,” cetus Mulan. @med

Leave A Reply

Your email address will not be published.